Home » , » Cara Setting Per pada floyd rose

Cara Setting Per pada floyd rose

Written By DaNNy MuNgE on Sabtu, 07 Desember 2013 | 12/07/2013

Cara Setting Per pada floyd rose Gitar Elektrik

http://danny-gitaronline.blogspot.com/2013/11/cara-setting-per-pada-floyd-rose.html

setting per pada floyd roses

Bila dalam artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Tips memilih gitar elektrik yang baik , maka kali ini saya akan membahas tentang Cara setting per pada floyd ...
Sedikit info floyd rose, selain ditarik oleh senar.. floyd rose juga ditarik oleh beberapa per yang terdapat di bagian belakang badan gitar (Lihat gambar di atas).
bila kita membuka tutup  tempat per di bagian belakang gitar maka akan terlihat separti gambar di atas.
Setting per floyd rose bisa di bilang tugas yang berat, melelahkan dan membutuhkan kesabaran dalam hal menyeimbangkan per dan tegangan senar. Bila tegangan Per dan Tegangan senar sudah seimbang maka akan didapatkan Floyd rose yang sejajar/seimbang. seperti contoh (gambar B).

http://danny-gitaronline.blogspot.com/2013/11/cara-setting-per-pada-floyd-rose.html
(Gambar B) Floyd Rose
Floyd rose (Pada gambar B) Terlihat sejajar dengan body Gitar itu sendiri,,, Nah kurang Lebih yang seperti inilah Normalnya yang harus di miliki semua Floyd rose.
Bila Settingan per floyd rose terlalu kencang maka Ujung floyd rose akan turun. karena tarikan per lebih besar ketimbang tarikan pada senar itu sendiri. yang mengakibatkan senar akan menempel pada badan Pick Up Gitar kita, Lihat (Gambar C.III)
Lain halnya jika Kondisi Settingan Per Floyd rose terlalu Kendur (kurang ditarik).. Maka Ujung floyd rose Akan menungging ke luar (ke atas) hal ini karena Tarikan Per itu sendiri Lebih rendah ketimbang tarikan dari senar Gitar, yang mengakibatkan senar gitar akan lebih tinggi di Atas Pick Up dan Rendah di bagian Tangkai gitar tepat di atas fret gitar itu sendiri (lihat gambar C.II).

http://danny-gitaronline.blogspot.com/2013/11/cara-setting-per-pada-floyd-rose.html
(Gambar C) Setting per Floyd rose
Logikanya begini Upaya kamu menSetting Per Floyd rose.. jika tegangan per di rubah, tegangan senar pun akan ikut berubah yang menyebabkan seteman senar pun akan berubah.
Contoh Kasus : (Gambar C.II) dimana bagian ujung floyd rose  menungging berarti tarikan pada Per kurang kencang atau kalah kencang dengan tarikan senar. (dalam  Menyetem senar gitar sendiri kita sudah menyetem dengan baik) yaitu :

Senar ke- 1 = E
Senar ke- 2 = B
Senar ke- 3 = G
Senar Ke- 4 = D
Senar Ke- 5 = A
Senar Ke- 6 = e

Jika kita Kencangkan Tarikan Per Memang akan menurunkan ujung Floyd rose itu sendiri,,, dan pastinya akan mendekati normal/sejajar. etsss!!! Tapi ingat bahwa senar yang tadi kita telah setem dengan pas/Baik akan berubah mengikuti tarikan dari floyd rose yang coba kita sejajarkan tadi... dan tentunya nada dari senar itu sendiri akan naik.. begitu juga Contoh Kasus (Gambar C.III) Kebalikan Dari Contoh kasus (gambar C.II)

Lalu Bagaimana

MenSetting per Floyd rose itu

,,,,????

Ya kita tinggal setting senar dan setting Per aja,,,,
gini contohnya,, misalnya Floyd rose kita Menungging setinggi 2cm pertama kita kencangkan Per Di belakang body gitar hingga Floyd rose Turun Menjadi 1Cm jangan langsung di sejajarkan dengan mengencangkan per-nya,,, Otomatis senar juga akan naik nadanya kan,, lalu sisa 1cm mendekati sejajarnya bagaimana,,,??
dengan cara mengendurkan senar yang tadi naik nadanya,,, setem kembali ke nada normal sebelumnya (E B G D A e)....

jeng-jeng-jeng-jeng,,,, kita lihat hasilnya maka akan turun ke posisi sejajar,,, mungkin untuk yang belum berpengalaman akan meleset sedikit dari garis normal sejajar ,, tapi ga banyak,,,, Untuk mendapatkan feelling yang agar terbiasa dan dapat mensetting per Floyd rose memang di butuhkan yang namanya jam terbang tinggi Sob,,, Jadi kalau mau terbiasa biar bisa,, ya di erorin aja setelan Per-nya trus benerin lagi,,, kalau udah bener erorin lagi,,, sampai bosen sendiri,,, hahahaha😅
sekian pembahasan dari saya mengenai Cara setting Per pada Floyd rose,,, Semoga Bermanfaat bagi para pembaca sekalian,,,,



Share this article :

3 komentar Anda:

  1. Nice artikel bro, salam kenal dan mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    trims

    BalasHapus
  2. tremolo saya gak setem kalo saya down tremolonya dan saya harus up lgi tromolo supanya senarnya stem lgi??
    itu apaya mas masalahnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mas esa turunin steman senarnya... Baru di imbangin dgn stelan tremolo di down in..

      Tapi ada loh mas ga sedikit kasus tremolo yg ga bisa paten.. Dlu saya punya gitar flaying v local dgn masalah kya gtu..
      Dan setelah saya ganti tremolonya pake yg sedikit bermerk jd gampang..😄

      Hapus

tinggalkan jejak anda dengan memberi komentar
Terima kasih atas partisipasi,,, komentar kalian

Translate

Ayam Bakar Pakde Danny


Ayam bakar Pakde (Cabang_Pdk.ranji)


SEO Reports for danny-gitaronline.blogspot.com
http://danny-gitaronline.blogspot.com/p/pasang-iklan.html
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Daftar isi

Google+ Followers

 
Support : Danny | Google Copyright © 2013. Gitar online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger